Buat apa kita ngeblog?


Iseng tengah malam buka google dan nulis “Buat apa kita ngeblog” di kotak pencarian, turs membaca 5 artikel teratas yang ditemukan, saya sedikit memahami beberapa motivasi orang-orang menulis blog.

Pada umumnya para blogger pertama kali mulai menulis blog dengan alasan iseng. Yups, kalau mau beneran survey, saya dapat perkirakan 75% dari total blogger mungkin setuju dengan pendapat tersebut. Kenapa? Salah satunya karena mereka berpikir ketika melihat orang lain mempunyai sebuah blog, dia terlihat keren. Dan kalau boleh jujur, ini adalah alasan saya pertama kali mulai membuat blog dulu.

Selanjutnya, percaya atau tidak makin lama kegiatan blogging tersebut menjadi seru dan membuat kita ketagihan bahkan jatuh cinta sama blog. Dengan modal cinta tersebut lalu kita akan berusaha meningkatkan kualitas blog kita.

Setelah beberapa lama merasa blog kita hight quality, trus melihat ternyata orang lain ada yang bisa menghasilkan uang dari blog, kita akan mulai mencobanya pula. Nah pada bagian ini nih sebagian orang ada yang sukses dan malah makin ketagihan ngeblog, namun tak sedikit pula yang gagal dan mengembalikan fungsi blog nya sebagai penyalur hobi dan tidak lagi untuk mencari penghasilan.

Namun begitu, apapun motivasi Anda ngeblog saat ini, akan sangat bagus jika itu tetap diteruskan karena ternyata blogging banyak manfaatnya, diantaranya:

1. Ngeblog dapat meningkatkan karir

Ketika pertama kali ngeblog, saya hanyalah seorang penjaga warnet dengan gaji yang pas-pasan. Dari bloglah hobi saya pada desain web mulai tumbuh dan berkembang. Bermula dari hobi inilah akhirnya beberapa orang menawarkan pekerjaan kepada saya untuk mendesain website mereka. Bahkan sekarang saya bekerja di sebuah studio desain web yang cukup ternama di negeri ini😀.

2. Jadi penulis karena blog

Ngeblog = menulis, dan semakin sering kita ngeblog maka semakin bagus juga skill menulis yang kita dapat. Bukan tidak mungkin suatu saat ada penerbit yang tertarik dengan isi dan gaya tulisan kita dan menawari kita untuk menerbitkan karya kita. Asyoi banget kan? Saya cukup beruntung berkenalan dengan Pak Jeprie, seorang blogger dan penulis terkemuka di negeri ini. Dari beliau saya mendapatkan berkesempatan untuk menulis tutorial di PV.M Garage dan berkolaborasi menerbitkan sebuah buku di penerbit Elex Media.

Oleh karena itu, teruslah menulis dan berusahalah untuk meningkatkan kualitas tulisan yang anda buat. Percayalah, suatu saat kita akan mendapatkan manfaat dari tulisan-tulisan yang kita buat.

3. Dapat duit dari blog

Sebenarnya bukan rahasia lagi sih kalau banyak blogger yang mampu menghasilkan uang dari blog mereka. Entah itu dari iklan, affiliate link atau review produk. Dan sekarang kesempatan itu semakin besar karena semakin banyak advertiser-advertiser lokal yang menawarkan kerjasama dengan blogger seperti IDBlogNetwork atau Sitti Ads. Jika anda tertarik tak ada salahnya untuk mencoba, tapi hati-hati! jangan sampai anda lebih terfokus mencari uang daripada ngeblog.

4. Mendapat jodoh dari blog

Dari blog turun ke hati? mengapa tidak. Gie Wahyudi dan Isnuansa membuktikannya😀.

Jadi, tidak ada alasan kan untuk berhenti ngeblog? Ayo ngeblog lagi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s