Kereta Api Hadir Lagi..!


Padang Panjang,-

Wisata Kereta Api saat ini telah menjadi trend dunia, apalagi kereta api wisata “Mak Itam” yang beroperasi hanya ada dua di dunia, satu di Swiss, dan satu lagi di Sawahlunto. Sumbar merupakan destinasi unggulan wisata di wilayah Indonesia bagian barat.

Demikian yang diucapkan Dirjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI Sapta Nirwanda saat peluncuran Kereta Api (KA) Wisata Danau Singkarak di Stasiun KA Padang Panjang, Sabtu (21/2) bersamaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Sumbar.

Sapta meyakini wisata kereta api akan menjadi icon baru di Sumbar, oleh karenanya kehadiran KA Wisata Danau Singkarak ini katanya akan mampu mendongkrak pariwisata di Sumbar. “Bukan hanya masalah sejarah panjangnya Kereta Api dengan daerah ini, kereta api juga memungkinkan pengunjung menikmati keindahan alam Sumbar. Apalagi jalurnya melintasi Danau Singkarak, Ombilin, Danau Kembar hingga kota Tambang Sawahlunto”, ucapnya.

Di sisi pemerintah daerah pun peluncuran dua kereta api wisata di kota Padang Panjang dan kota Sawahlunto membawa harapan baru bagi peningkatan pariwisata di dua daerah tersebut.

Dirut PT. KAI, Roni Wahyudi menyebutkan terlaksananya peluncuran dua KA Wisata Sumbar ini tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat dan daerah. Pada 2008 lalu, kata Roni, pemerintah pusat membantu sebesar Rp.6,7 Miliyar untuk perbaikan rel. Dua KA Wisata yang beroperasi tersebut merupakan bagian dari KA Wisata Sumbar, selain KA Wisata Lubang Kalam dan KA Wisata Padang Pariaman, ke depan, PT. KAI juga akan mengaktifkan jalur-jalur lain, seperti di sebutkan Roni adalah jalur Padang Panjang – Lembah Anai dan jalur Padang Panjang – Bukittinggi – Payakumbuh.

Pada kesempatan itu juga, Walikota Padang Panjang, dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR menyatakan kehadiran KA Wisata sejalan dengan program kota Padang Panjang yang menasbihkan diri sebagai salah satu kota tujuan wisata di Sumbar. Katanya lagi, Padang Panjang bukan saja kaya dengan kekayaan budayanya yang masih terjaga, namun juga banyak memiliki wisata alam menarik.

“Kereta Api penumpang dengan jalur yang melewati Padang Panjang, Solok dan Sawahlunto sudah terhenti sejak 1980-an lalu, sehingga wajar bila kehadiran KA Wisata Danau Singkarak ini telah didambakan semua masyarakat”, ujar Wako.

Pernyataan Wako tersebut terbukti dengan membludaknya masyarakat yang dari pagi telah berbondong-bondong ke Stasiun KA guna menyaksikan peluncuran KA yang diresmikan Menteri Perhubungan. Bahkan banyak warga yang sempat menikmati perjalanan gratis ini melintasi panorama Singkarak hingga ke Sawahlunto.

Dengan diluncurkannya KA Wisata Danau Singkarak ini, jelas geliat pariwisata kota Padang Panjang tidak bisa diragukan lagi. Dengan adanya MIFAN, wisata-wisata budaya ditambah KA Wisata ini, tentu masyarakat hingga luar Sumbar akan semakin tau dimana dan bagaimana kota kecil nan sejuk itu.

Berbarengan dengan juga diperingatinya Hari Pers Nasional (HPN) se Sumbar ini, Wako Suir Syam menyatakan atas nama Pemko Padang Panjang penghargaan setinggi-tingginya kepada insan Pers yang telah bersama-sama memajukan Padang Panjang bersama masyarakat.

Pesannya, agar idealisme pers harus tetap ditegakkan, karena hal ini jelas merupakan tuntutan guna mencerdaskan masyarakat. Dikatakan Wako, hal tersebut juga selaras dengan tema HPN kali ini yakni kemerdekaan pers adalah dari dan untuk rakyat.

Di hari yang sama, Gubernur Sumbar H. Gamawan Fauzi menyampaikan dukungan penuh pemerintah propinsi untuk mewujudkan KA Wisata ini. “Tahun 2008 kita telah anggarkan sebesar Rp. 500 juta dan di tahun 2009 ini kita tingkatkan lagi menjadi Rp. 700 juta untuk perbaikan rel dan pembenahan-pembenahannya”, ujar Gubernur.

Dikatakannya lagi, Kehadiran KA Wisata ini juga tidak lepas dari peranan pemerintah pusat tahun lalu juga telah membantu sebanyak lima gerbong kereta api untuk Sumbar.

Gubernur juga meminta dukungan penuh dari seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota se Sumbar terhadap peningkatan program pariwisata. Sumbar, katanya, adalah termasuk dalam lima destinasi unggulan di sektor wisata nasional.

Hal senada juga dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar, James Hellyward. James meminta semua pihak untuk mendukung keberadaan KA Wisata. Katanya lagi, sebagai tindak lanjutnya Dinas Pariwisata dengan PT. KAI, ASITA Sumbar beserta insan Pers Sumbar telah menandatangani kesepakatan untuk mendukung dan mengkampanyekan KA Wisata.

Pada peluncuran KA Wisata tersebut, langsung dilakukan perjalanan perdana KA Wisata yang ditandai penekanan tombol pembuka tirai selubung oleh Menhub dilanjutkan pemecahan kendi oleh Ibu Gubernur, Ny. Vita Gamawan Fauzi serta peniupan pluit oleh Gubernur. Perjalanan dimulai dari Stasiun KA Padang Panjang, kemudian melintasi Danau Singkarak, dan singgah di beberapa stasiun seperti Stasiun Batu Taba, Ombilin, Sungai Lasi, Muaro Kalaban Solok dan berakhir di kota Sawahlunto.

Selain Menteri, Gubernur dan pejabat-pejabat penting lainnya, turut serta menikmati perjalan KA Wisata beberapa artis ibukota dan Wartawan dari berbagai negara seperti Rusia, Singapore, China dan Malaysia.

“Kereta api merupakan angkutan rakyat yang luar biasa, dibandingkan angkutan lainnya, tingkat kecelakaan KA pun terbilang sangat kecil. Jadi, kita jangan menjadi bangsa yang mudah untuk melupakan sesuatu, ada yang baru, terus yang lama dilupain”, demikian ujar Slamet Rahardjo Djarot salah satu artis nasional yang juga ikut dalam perjalanan tersebut.

Artis muda cantik Olivia Zalianty juga turut angkat bicara tentang keindahan panorama alam Sumbar. “Yang utama sebenarnya bukanlah kereta apinya, saya justru takjub dengan panoramanya, dari Padang Panjang – Solok – Sawahlunto alamnya sungguh luar biasa”, puji Olivia sambil menunjuk keluar saat melintasi Danau Singkarak.

3 pemikiran pada “Kereta Api Hadir Lagi..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s