Alternatif Pariwisata di Pesisir Selatan Sumatera Barat (1)


Pantai Batu Kalang dan Pantai Teluk Sikulo

Pantai Batu kalang di Kenagarian Ampang Pulai Kecamatan Koto Xi tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Kawasan ini terkenal dengan pantainya yang indah dan jarak dari kota Padang Sekitar ± 56 Km, dengan lama perjalanan 1 jam. Pantai Batu Kalang berada di sisi Kawasan Mandeh. Objek Wisata Batu Kalang bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Pantai Batu Kalang sudah dikenal oleh masyarakat Tarusan, di Pantai ini kita bisa melakukan olah raga, memancing dan bersantai.

Pantai Batu Kalang terbagi atas 2 batu kalang, kearah selatan terdapat Batu Kalang Mandeh Gadang ( Besar) dan kearah barat laut terdapat Batu Kalang Mandeh Kecil. Objek wisata Batu Kalang berdekatan dengan pantai Teluk Sikulo yang pantainya pun tak kalah menariknya dengan pantai Batu Kalang . Pantai sikulo berada di ujung dua teluk yaitu ujung teluk lambu dan ujung Teluk balimbing. Panorama keindahan Pantai sikulo semakin nyata dengan adanya dua buah pulau kecilnya terdapat di dua mulut teluk yaitu pulau Nibung dan Pulau Batu Ajung. Melihat potensi yang dimiliki oleh pantai ini, tidak berlebihan apabila dikatakan bahwa keindahan pantai kawasan ini setara dengan pantai Bali atau Fort Diction di Seremban Malaysia.

Taratak Sungai Lundang Kayu Gadang

Sungai Lundang
Sungai Lundang

Objek Wisata Taratak Sungai Lundang terletak dikecamatan Koto XI Tarusan. Di lokasi ini wisatawan dapat menikmati wisata arung jeram, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendatang. Kawasan ini juga didukung oleh potensi keindahan alam yang masih alami dengan lingkungan yang ramah dan asri, disepanjang Sungai Batang Tarusan. Kawasan Objek wisata Taratak banyak dikunjungi oleh para pendatang terutama pada waktu balimau guna menyambut bulan puasa. Muda mudi mandi bersama ditempat yang terpisah. Taratak Sungai Lundang memiliki keindahan tersendiri, airnya yang jernih dan bersih mengalir disela-sela bebatuan memperlihatkan kesegaran alami yang memberi kesejukan bagi yang melihatnya. Kawasan wisata ini hanya berjarak 45 Km dari Kota Padang dan dengan menghabiskan waktu sekitar 45 menit anda telah sampai di lokasi ini.

Air Terjun Bayang Sani

Air terjun Bayang sami merupakan salah satu objek wisata unggulan di daerah Pesisir selatan yang sudah

Air Terjun Bayang Sani
Air Terjun Bayang Sani

cukup dikenal baik di dalam daerah maupun diluar daerah Pesisir Selatan. Air terjun ini terletak di Kampung Kota Baru Kecamtan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Air terjun Bayang sani terdiri atas tiga tingkatan air terjun dari Batang Bayang Sani, yang bersal dari hulu yang jauh di atas bukit. Obkjek wisata ini berjarak 60 Km dari Kota Padang dan 20 Km dari Kota Painan dengan lama Perjalanan ± 1,5 jam dan bisa ditempuh dengan kendaraan dua dan empat, serta sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 500 m dari pinggir jalan. Objek wisata ini cukup banyak dikujungi oleh masyarakat luar daerah dan masyarakat local terutama pada saat balimau ramadhan untuk mandi-madi, berenang dan bermain di aliran sungai yang jernih. Hawa sejuk perbukitan dan airnya yang sangat bersih menimbulkan suasana alam yang nyaman diselingi kicauan burung dan gemercik pepohonan ditiup angina. Sungguh menimbulkan pengalaman yang tak terlupakan bagi yang mengunjunginya.

Selayang Pandang

Selayang Pandang
Selayang Pandang

Objek Wisata Selayang Pandang terletak di pinggir jalan painan ke Padang, tepatnya di perbukitan antara Kampung luhung dengan Karang Pauh kenagarian Pasar Baru Kecamtan Bayang. Pemandangan di Objek wisata ini cukup menawan dan menarik karena dari lokasi ini terlihat keindahan pulau-pulau dan lingkaran perbukitan dengan garis pantainya yang berbentuk sabit.

Dikawasan ini telah dibangun gazebo sebagai tempat duduk-duduk bagi para pengunjung sambil memandang kea rah laut lepas. Pengunjung banyak datang ke Objek wisata ini pada sore dan malam hari, mengintai para nelayan yang melaut untuk menangkap ikan.

Selanjutnya bila berjalan terus kearah pantai anda akan menemuai Objek wisata pantai Batang Ketaping. Pantai ini cukup panjang melingkar dari selayang Pandang sampai ke Salido. Pengunjung yang datang ke objek wisata ini cukup banyak terutama pada saat hari-hari libur dan Hari Raya. Pengunjung banyak datang dari luar daerah dengan kendaraan roda empat. Di kawsan ini kita dapat berjalan-jalan disepanjang pantai, relax dan berekreasi dengan keluarga. Objek wisata ini hanya berjarak 67 Km dari kota Padang dan 10 Km dari Kota Painan.

Pantai Muaro Bayang

Pantai Muara Bayang adalah salah satu objek wisata pantai yang berada diantara pasar baru dan kampong Luhung Kenagarian pasar Baru. Objek wisata ini merupakan pantai panjang yang memiliki pemandangan yang cukup menarik. Muara Bayang terbentuk sebagai hasil pertemuan air asin dengan air tawar, antara lautan dengan Batang Bayang. Kawasan ini cukup ramai didatangi pengunjung terutama untuk melakukan aktivitas memancing dan jalan santai di pinggiran pantai. Jarak Pantai Muara Bayang dari Painan hanya sekitar 12 Km dan dari padang ±67 Km.

Sumber : Kabupatn Pesisir Selatan

6 pemikiran pada “Alternatif Pariwisata di Pesisir Selatan Sumatera Barat (1)

  1. pesisir selatan memang indah,.. itu saya akui karena saya asli orang pesisir selatan. dan air terjun bayang sani yang terletak di kota baru….. memang indah kareNA hampir setia lebaran idhul fitri saya pergi kesana,..SOALNYA rumah saya tepat berada di obyek wisata bayang sani, I LOVE PESISIR SELATAN

    1. Kebetulan saya sempat jalan2 melihat2 jembatan akar dan air terjun bayang sani di akhir2 musim kemarau baru masuk musim hujan.

      Dari kondisi yang terlihat sepertinya air terjunnya sudah tidak bersih sekali dan berkebetulan pula sangat jelas kedengaran banyak masyarakat yang melakukan aktifitas memotong kayu (bunyi Chainsaw) di bagian hulu (atas) aliran sungai. Khawatirnya makin lama air terjun bisa hilang dan hilang pula salah satu objek wisata Pesisir Selatan.

      Kira2 ada yang tahu penurunan besar air terjun dari waktu ke waktu dan bisa memperkirakan berapa lama lagi air terjun ini masih ada kalau kecepatan penebangan kayu seperti sekarang ini. Dari bekas aliran air di karang air terjun kelihatannya penurunan besar air terjun sekarang ini tidak sampai setengah dari bekas aliran air yang dulu2 pernah ada.

      Bagi yang berasal dari Bayang Sani mungkin punya informasi untuk penurunan besarnya air terjun Bayang Sani ini dari waktu ke waktu?

      Sebelum terlambat mungkin bisa dimulai dari masyarakat sekitar untuk menolak aktifitas penebangan kayu di aliran sungai menuju air terjun.

      Sekadar komentar dari pengalaman berkunjung ke air terjun Bayang Sani.

  2. pesisir selatan sangat indah dan permai saya meridukan kan nya karena lg di rantau dan layak jadi primadona di sumbar.

  3. Ya, terlalu banyak tempat wisata buatan ataupun situs bersejarah di sumatera barat yang tidak terkela dengan baik. padahal sumatera barat mempunyai seluruh jenis wisata alam dan buatan yang ada di dunia. jadi ini perlu difikirkan dan di eksekusi oleh pihak-pihak yang berwenang. pin bb. 256fc3c3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s