MATLAB dan Teknik Kimia


Perkembangan perangkat keras (hardware-microprocessor) yang amat cepat, membuat teknologi perangkat lunak (software) menjadi cepat pula berkembang. Berbagai macam perangkat lunak untuk mendukung penyelesaian persoalan keteknikan (engineering) bermunculan. Di mulai dengan Basic, Pascal, FORTRAN sebagai program pendahulu. Bahkan FORTRAN sempat menjadi primadona “senjata ampuh” bagi orang teknik. Belakangan muncul POLYMATH, MATHCAD dan MATLAB sebagai generasi baru perangkat lunak bidang teknik dan MIPA. Perangkat lunak yang terakhir disebut, saat ini sudah sangat banyak penggunanya baik dari kalangan akademisi maupun praktisi karena berbagai keunggulannya dalam menyelesaikan persoalan numerik dan simulasi proses.
Salah satu bidang keteknikan yang sarat dengan perhitungan numerik, pemodelan serta simulasi fenomena proses adalah bidang teknik kimia. Penggunaan paling banyak di jurusan teknik kimia adalah pada bagian teknik reaktor, pengendalian proses, kinetika katalisis, termodinamika, operasi perpindahan kalor, peristiwa perpindahan dan tentunya komputasi proses teknik kimia. Seiring dengan makin luasnya penggunaan MATLAB di kalangan industri, maka sebagai langkah untuk mempersiapkan para mahasiswa agar siap terjun di dunia kerja sudah saatnya bagi setiap kampus yang berorientasi pada kebutuhan pasar untuk mengajarkan MATLAB.
Materi buku ajar disusun dengan pendekatan penyelesaian kasus-kasus persoalan numerik teknik kimia dengan menggunakan subrutin MATLAB versi 7.0 seperti roots, fzero, fsolve, quad, ode23, fminsearch dll. Namun demikian dalam buku ajar ini juga tetap dimasukkan berbagai materi asas numerik untuk mencegah terjadinya pengetahuan semu (black box) seperti pemrograman Gauss, Newton-Raphson, bisection dalam bahasa MATLAB.

Download files:

matlab-chemeng.pdf

cepat-mahir-matlab.pdf

buku-komprostek.pdf

Matlab untuk Teknik Kimia

Semoga bermanfaat

9 pemikiran pada “MATLAB dan Teknik Kimia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s